Trik Mendapatkan Pulsa Gratis Semua Operator

Apakah Yang Dimaksud Dengan Database?

Database dapat diartikan sebagai kumpulan data yang terdiri atas satu atau lebih tabel yang terintegrasi satu sama lain, dimana setiap pemakai (user) diberi wewenang (otorisasi) untuk dapat mengakses (mengubah, menghapus, menganalisis, menambah, memperbaiki) data dalam tabel-tabel tersebut. Tabel itu berfungsi untuk menyimpan data dan merupakan suatu kumpulan data yang berhubungan dengan topik tertentu, misalnya daftar pegawai atau daftar inventaris barang.
Tabel terdiri atas baris yang disebut record dan kolom yang disebut field sehingga apabila dibayangkan dengan sebuah Gambar A berikut:

Supaya lebih jelas lagi, Gambar B berikut adalah contoh bagi anda mengenai struktur database. Pada Gambar B terlihat sebuah struktur database Tokoku yang terdiri atas tabel-tabel database: barang, pemasok, beli, pelanggan, jual, dan total jual, dimana dalam salah satu tabelnya yaitu tabel beli terdapat field-field database: no faktur, tgl faktur, kode pemasok, kode barang, jumlah barang, serta harga barang.
Ada beberapa istilah yang harus anda ketahui pada saat bekerja dengan sebuah tabel database, yaitu:
1) Field, merupakan tempat dimana data atau informasi dalam kelompok yang sama atau sejenis dimaksudkan. Field itu pada umumnya tersimpan dalam bentuk kolom vertikal pada tabel. Sebagai contoh lihat Gambar C. Pada gambar tersebut terlihat tabel yang diorganisasikan dalam empat field, yaitu Nama Pemasok, Kode Pemasok, Alamat Pemasok, dan No Telepon.
2) Record, merupakan data lengkap dalam jumlah tunggal yang biasanya tersimpan dalam bentuk baris secara horizontal pada tabel. Sebagai contoh lihat Gambar C. Pada gambar tersebut terlihat satu buah record yang berisi data salah seorang pemasok dengan informasi Andi, 00001, Jl. Mawar No. 2 Medan, 081263545312.

Description:
Apakah Yang Dimaksud Dengan Database?,
Rating: 4.5,
Reviewer: koles manullang,
Item Reviewed:
Apakah Yang Dimaksud Dengan Database?,
Source: Top 10 Informasi,
Time: 12:43 PM

1 komentar:

Silahkan tinggalkan komentar anda dengan bahasa yang sopan dan bersifat membangun trimakasih..