-->

Rahasia Memasang Iklan Google Adsense

Kemarin saya baru saja mencairkan uang hasil Google Adsense (GA) sebesar US$ 117 lebih melalui Western Union quick cash, hasil tersebut merupakan akumulasi penghasilan selama dua bulan, mulai dari bulan September dan Oktober. Penghasilan itu sebenarnya yang terbanyak diperoleh dari blog ini, namun ternyata blog Belajar Ilmu Komputer, tidak lagi diperbolehkan untuk memasang iklan Google Adsense, karena banyak melanggar TOS dan ketentuan GA. Saya sebagai pemilik blog mengakui kalau blog ini memang masih banyak melanggar ketentuan GA. Hal ini saya ketahui setelah membaca semua ketentuan GA secara cermat, dan saya rasa tidak mungkin untuk memperbaiki begitu banyak artikel yang melanggar, saya lebih memilih optimasi blog lain yang artikelnya lebih sedikit melanggar ketentuan dari GA.


Sebenarnya sih bukan rahasia memasang iklan Google Adsense ini, tetapi oleh karena banyak blogger yang melanggar ketentuan Google Adsense, sehingga blog mereka tidak boleh lagi menampilkan iklan GA di blognya, termasuk blog Belajar Ilmu Komputer ini tidak bisa lagi menampilkan iklan GA. Meskipun blog ini tidak lagi memberikan penghasilan dari Google Adsense, namun masih ada blog lain yang masih meneuhi persyaratan sehingga masih diperkenankan untuk menampilkan iklan GA.

Setelah membaca secara cermat semua ketentuan dan TOS Google Adsense, ternyata peraturan GA itu sudah sangat jelas, dan apabila dilangar maka sudah pasti mendapatkan ganjaran, seperti tidak dimunculkannya iklan di web atau blog, bahkan akun GA bisa dibanned. Meskipun demikian GA tidak sekejam yang dibayangkan, ternyata GA selalu membantu kita untuk menyelesaikan persoalan itu dengan memberikan kesempatan pemilik web blog untuk mengajukan banding, asalkan kita bersedia memperbaiki kesalahan yang telah kita lakukan itu terlebih dahulul. Jangan sekali-kali mengajukan banding kalau anda belum melakukan perubahan apapun pada weblog yang bermasalah.

Salah satu blog saya yang sudah terlalu banyak melanggar aturan GA adalah blog Belajar Ilmu Komputer ini, oleh karena itu saya tidak menempatkan iklan GA di blog ini, karena sudah pasti akan ditolak pihak GA. Rahasianya cuma satu syarat saja agar iklan Google Adsense bisa tetap muncul di weblog kita yaitu, dengan membaca secara cermat dan teliti semua TOS serta ketentuan yang berkaitan dengan GA, kemudian memperbaiki isi weblog kita sesuai dengan aturan yang berlaku untuk GA. Selama ini kita selalu membacanya sambil lalu saja, karena begitu banyaknya syarat dan ketentuan yang diberlakukan oleh GA sehingga malas untuk membaca secara keseluruhan.

Syarat dan ketentuan dari GA memang sangat banyak, tetapi apabila dibaca dengan teliti, sebenarnya tidak sulit untuk dipenuhi, namun dengan syarat seperti yang diberikan GA, membuat kita sebagai pemilik weblog untuk lebih meningkatkan mutu artikel, daripada hanya sekedar menulis untuk menghasilkan uang tanpa memikirkan kualitas tulisan itu sendiri. Semoga dengan artikel rahasia memasang iklan Google Adsense ini, membuat kita dapat meluangkan waktu yang cukup untuk membaca semua ketentuan GA, agar kita masih bisa memperoleh penghasilan dari GA.