-->

Tanaman Yang Dapat Menyembuhkan Penyakit Diabetes

Tanaman Yang Dapat Menyembuhkan Penyakit Diabetes
7 Tanaman Herbal Bagi Penderita Diabetes berikut bisa menjadi alternative bagi Anda yang menderita diabetes.  Selain secara medis, sejak zaman kuno berbagai ramuan alami sebenarnya sudah digunakan untuk mengobati diabetes. Penelitian ilmiah telah menegaskan efektivitas beberapa tumbuh-tumbuhan tertentu untuk mengatasi diabetes. Berikut ini 7 Tanaman Herbal Bagi Penderita Diabetes dikutip dari kompas:

1. Lidah buaya

Tanaman Herbal Bagi Penderita Diabetes adalah Lidah Buaya. Lidah buaya kerap dianggap sebagai ‘ramuan penyembuh’. Getah kering lidah buaya dan gel (bagian dalam daun) digunakan secara tradisional untuk mengobati diabetes karena diyakini dapat membantu menurunkan kadar glukosa darah puasa dan HbA1c..   

2. Bawang putih

Tanaman Herbal Bagi Penderita Diabetes adalah bawang putih. Bawang putih dianggap sebagai ramuan terbaik untuk  menurunkan gula darah serta perbaikan sel-sel pankreas dan merangsang pankreas untuk memproduksi insulin. Ini telah terbukti dalam berbagai penelitian, namun sayang masih banyak yang tidak memanfaatkannya.

3. Fenugreek

Tanaman Herbal Bagi Penderita Diabetes adalah Fenugreek. Fenugreek adalah sejenis tanaman biji-bijian yang banyak tumbuh di Asia dan sering digunakan oleh masyarakat India sebagai bumbu penyedap masakan. Tanaman ini punya kemampuan untuk mengontrol kadar glukosa darah dan telah banyak digunakan untuk mengendalikan diabetes.

4. Bawang


Bawang secara siginifikan dapat menurunkan gula darah. Ekstrak bawang mengurangi kadar gula darah selama toleransi glukosa oral dan intravena. Bawang mempengaruhi metabolisme hepatik glukosa dan meningkatkan pelepasan insulin, sehingga mencegah perusakan insulin.

5. Kayu manis 

Tanaman Herbal Bagi Penderita Diabetes adalah Kayu manis. Kayu manis berkhasiat membuat sel-sel lemak lebih mudah diakses insulin dan meningkatkan konversi glukosa menjadi energi. Selain itu juga menghambat pembentukan radikal bebas yang berbahaya.

6. Daun mangga

Tanaman Herbal Bagi Penderita Diabetes adalah daun mangga. Daun Mangga diketahui sebagai obat yang efektif pada diabetes . Caranya, cukup dengan merendam daun mangga semalaman dalam secangkir air. Setelah itu, tiriskan daun keluar dan minum airnya. Hal ini membantu untuk meringankan gejala diabetes.

7. Kemangi

Tanaman Herbal Bagi Penderita Diabetes adalah kemangi. Penelitian telah menunjukkan bahwa kemangi memiliki efek positif pada glukosa setelah makan dan saat puasa. Ramuan ini dapat memfasilitasi proses sekresi insulin.

8.Ginseng Asia

Tanaman Yang Dapat Menyembuhkan Penyakit Diabetes
Tanaman Herbal Bagi Penderita Diabetes adalah ginseng asia. Ginseng Asia umumnya digunakan dalam pengobatan tradisional Cina untuk mengobati diabetes. Tumbuhan ini mempunyai efek langsung dalam menurunkan gula, meningkatkan pelepasan insulin dari pankreas dan meningkatkan jumlah reseptor insulin.