 1. Terowongan Laerdal
 1. Terowongan Laerdal
Lokasi: Sogn og Fjordane, Norwegia
Latar
 Belakang: Sekitar 5.000 ledakan berbeda dilakukan selama fase 
konstruksi Terowongan Laerdal, yang membentang di bawah pegunungan 
Norwegia dan fjord sepanjang 15 mil, dan ini merupakan terowongan yang 
dibangun dengan waktu terlama di dunia.
Mengapa
 Unik : Berkendara melalui terowongan selama 20 menit bisa sangat 
monoton, sehingga tim psikolog dan insinyur terfokus pada bagaimana 
mempertahankan konsentrasi pengemudi. "Reaksi psikologis seseorang di 
dalam terowongan sangat penting ... hal itu membuat perbedaan antara 
orang-orang menerima fasilitas atau hanya sekadar menghindari hal itu," 
kata Youssef Hashash, profesor Teknik Sipil dan Lingkungan di University
 of Illinois, yang telah bekerja 10 proyek terowongan yang berbeda. 
"Mengingat panjangnya terowongan ini, Anda memerlukan lingkungan yang 
dirancang dengan hati-hati dan sistem pencahayaan yang baik." Beberapa 
solusi yang digunakan dalam terowongan Laerdal termasuk lampu biru 
terang dan tikungan tikungan halus yang terus membuat driver 
konsentrasi. Paling penting adalah kenyataan bahwa terowongan ini dibagi
 menjadi beberapa bagian yang berbeda, bisa mengistirahatkan pengemudi 
dan menciptakan kesan bahwa penumpang bepergian melalui beberapa 
terowongan yang lebih kecil.
2. Terowongan Channel
Location : Coquelles, Perancis
Latar
 Belakang: Umumnya dikenal sebagai Chunnel, truktur raksasa ini 
menghubungkan Inggris dan Perancis. Selesai pada tahun 1994, terowongan 
31-mil ini menghabiskan biaya melebihi $ 20 miliar.
 Mengapa
 Unik : Menghubungkan Perancis dan Inggris melalui Selat Inggris adalah 
sebuah ide yang telah dicetuskan ratusan tahun yang lalu. "Ada 
usaha-usaha sebelumnya untuk membangun terowongan di sini, tapi mereka 
berhenti karena berbagai alasan, baik teknis dan politik," kata Hashash.
 setelah diketemukan teknologi modern, dan menimbang manfaat jika kedua 
negara dapat dihubungkan, maka dimulailah mega proyek ini. Karena 
panjangnya, desainer membangun terowongan lain yang lebih kecil untuk 
jalan melarikan diri jika terjadi kebakaran atau kecelakaan di dalam 
terowongan.
Mengapa
 Unik : Menghubungkan Perancis dan Inggris melalui Selat Inggris adalah 
sebuah ide yang telah dicetuskan ratusan tahun yang lalu. "Ada 
usaha-usaha sebelumnya untuk membangun terowongan di sini, tapi mereka 
berhenti karena berbagai alasan, baik teknis dan politik," kata Hashash.
 setelah diketemukan teknologi modern, dan menimbang manfaat jika kedua 
negara dapat dihubungkan, maka dimulailah mega proyek ini. Karena 
panjangnya, desainer membangun terowongan lain yang lebih kecil untuk 
jalan melarikan diri jika terjadi kebakaran atau kecelakaan di dalam 
terowongan.3. Terowongan Zion-Mount Carmel Lokasi : Zion Canyon, Utah
Latar
 Belakang: Pengemudi akan menemukan struktur ini di antara Gunung Sion 
di Taman Nasional Utah dan Bryce Canyon National Park.
 Mengapa
 Unik: Serangkaian jendela berukir menghiasi sisi terowongan sebagai 
sarana pengemudi menikmati pemandangan. "Ketika Anda meninggalkan Sion 
menuju ke Bryce, Anda mendaki jalan ini dan pergi melalui terowongan 
yang indah ini. Anda dapat melihat formasi batu karang dan pemandangan 
cantik," kata Hashash. Karena terowongan dibangun menembus batu pasir, 
yang relatif soft rock, insinyur harus memperkuat struktur beberapa kali
 selama 80 tahun, menambahkan rusuk beton dan sistem pemantauan 24 jam.
Mengapa
 Unik: Serangkaian jendela berukir menghiasi sisi terowongan sebagai 
sarana pengemudi menikmati pemandangan. "Ketika Anda meninggalkan Sion 
menuju ke Bryce, Anda mendaki jalan ini dan pergi melalui terowongan 
yang indah ini. Anda dapat melihat formasi batu karang dan pemandangan 
cantik," kata Hashash. Karena terowongan dibangun menembus batu pasir, 
yang relatif soft rock, insinyur harus memperkuat struktur beberapa kali
 selama 80 tahun, menambahkan rusuk beton dan sistem pemantauan 24 jam.4. Terowongan Smuggling Lokasi : Tijuana, Mexico
Latar
 Belakang : Penjahat telah menggunakan terowongan bawah tanah untuk 
melakukan segala macam kejahatan, termasuk perampokan bank dan 
penyelundupan narkoba. Selama dekade yang lalu, terowongan penyelundupan
 telah ditemukan di wilayah AS, berasal dari Kanada dan Meksiko.
Mengapa
 Unik : Pada bulan Desember, para pejabat Amerika Serikat dan Meksiko 
menemukan terowongan sepanjang 1000 kaki, yang mengarah ke AS, meskipun 
tidak selesai, terowongan ini sudah dilengkapi dengan pencahayaan, 
sebuah sistem ventilasi, listrik, dan bahkan lift. Sebuah pernyataan 
dari Drug Enforcement Agency (DEA) menunjukkan bahwa terowongan dibangun
 selama dua tahun.
5. Marmaray Tunnel Lokasi : Istanbul, Turki
Background:
 Konstruksi terowongan antarbenua ini dimulai pada tahun 2004, tetapi 
penemuan-penemuan arkeologi dari zaman Bizantium dan rintangan lainnya 
telah menunda penyelesaiannya.
Mengapa
 Unik : Terowongan tabung terbenam ini akan menjadi yang pertama yang 
menggabung dua benua yang berbeda, yang berjalan dibawah Selat Bosporus 
untuk menghubungkan sisi Eropa Istanbul dengan sisi Asia. Terowongan 
Marmaray merupakan terowongan tabung terbenam terdalam di dunia, dengan 
kedalaman maksimum 180 meter.
6. Thames Tunnel Lokasi : London, Inggris
Latar
 Belakang: Pada pandangan pertama Terowongan Thames tidak tampak 
mengesankan; panjang 1.300 kaki dan kedalaman 75-kaki dan tampak pucat 
dibandingkan dengan terowongan lain. Tapi Terowongan Thames adalah 
tonggak sejarah dalam terowongan rekayasa.
 Mengapa
 Unik : "Ini adalah terowongan bawah air pertama, dan itu adalah pertama
 kalinya konsep perisai tunneling digunakan," Hashash menceritakan. "Ini
 adalah tonggak utama." Perisai tunneling adalah suatu alat yang 
dikembangkan oleh Sir Marc Isambard Brunel yang berfungsi sebagai 
dukungan sementara struktur, konstruksi yang memungkinkan kru untuk 
aman, dan datar, menginstal sistem dukungan permanen di bawah air. 
Membangun Terowongan Thames itu seperti hal yang baru pada awal abad 
ke-19 bahwa pengunjung akan membayar untuk bisa masuk di dalam lokasi 
konstruksi, dan bahkan Brunel konser dan jamuan makan di dalam struktur 
yang belum selesai. Ketika terowongan selesai pada 1843, Ratu Victoria 
memberikan gelar kebangsawanan kepada Brunel untuk jasanya dalam dunia 
konstruksi.
Mengapa
 Unik : "Ini adalah terowongan bawah air pertama, dan itu adalah pertama
 kalinya konsep perisai tunneling digunakan," Hashash menceritakan. "Ini
 adalah tonggak utama." Perisai tunneling adalah suatu alat yang 
dikembangkan oleh Sir Marc Isambard Brunel yang berfungsi sebagai 
dukungan sementara struktur, konstruksi yang memungkinkan kru untuk 
aman, dan datar, menginstal sistem dukungan permanen di bawah air. 
Membangun Terowongan Thames itu seperti hal yang baru pada awal abad 
ke-19 bahwa pengunjung akan membayar untuk bisa masuk di dalam lokasi 
konstruksi, dan bahkan Brunel konser dan jamuan makan di dalam struktur 
yang belum selesai. Ketika terowongan selesai pada 1843, Ratu Victoria 
memberikan gelar kebangsawanan kepada Brunel untuk jasanya dalam dunia 
konstruksi.
Latar
 Belakang : Terowongan sepanjang 33,5-mil ini menghubungkan pulau Honshu
 dengan pulau Hokkaido. Konstruksi selesai pada tahun 1988.
 Mengapa
 Unik : Terletak di 787 meter di bawah permukaan laut, Seikan Tunnel 
adalah terowongan terdalam di dunia. Selain itu, dengan panjang 33,5 mil
 membuat terowongan terpanjang yang sedang digunakan. Penggalian kawasan
 geologi dan batuan volkanik yang membosankan dicegah para insinyur 
dengan menggunakan mesin canggih, memaksa mereka untuk menghancurkan dan
 menggali dengan cepat di bawah Selat Tsugaru.
Mengapa
 Unik : Terletak di 787 meter di bawah permukaan laut, Seikan Tunnel 
adalah terowongan terdalam di dunia. Selain itu, dengan panjang 33,5 mil
 membuat terowongan terpanjang yang sedang digunakan. Penggalian kawasan
 geologi dan batuan volkanik yang membosankan dicegah para insinyur 
dengan menggunakan mesin canggih, memaksa mereka untuk menghancurkan dan
 menggali dengan cepat di bawah Selat Tsugaru.
Mengapa
 Unik : Dengan diameter 76 kaki, Yerba Buena Island adalah terowongan 
tunggal terluas di dunia, dibuka pada bulan November 1936. Hashash 
berspekulasi bahwa menambahkan terowongan itu yang paling menghemat 
biaya dan suatu solusi memungkinkan untuk melewati pulau, daripada hanya
 membangun satu jembatan besar.
Latar
 Belakang : Tiga terowongan yang berbeda itu ditemukan merayap di bawah 
zona demiliterisasi Korea, salah satu perbatasan paling diperdebatkan di
 dunia, sepanjang tahun 1970-an. Semua tampak berasal dari Korea Utara, 
dan kemudian, pada tahun 1990, terowongan keempat ditemukan.
 Mengapa
 Unik : Invasi Ketiga Terowongan, juga disebut sebagai Terowongan Ketiga
 dari Agresi, dimulai 26 mil dari Seoul, Korea Selatan. Rute bawah tanah
 Korea Utara menyediakan sarana untuk meluncurkan serangan militer 
besar-besaran, dan terowongan yang cukup besar untuk antar-jemput 
seluruh divisi militer. GlobalSecurity.org memperkirakan bahwa sebanyak 
20 terowongan pengganggu di DMZ; menmbah genting hubungan antara Utara 
dan Korea Selatan.
Mengapa
 Unik : Invasi Ketiga Terowongan, juga disebut sebagai Terowongan Ketiga
 dari Agresi, dimulai 26 mil dari Seoul, Korea Selatan. Rute bawah tanah
 Korea Utara menyediakan sarana untuk meluncurkan serangan militer 
besar-besaran, dan terowongan yang cukup besar untuk antar-jemput 
seluruh divisi militer. GlobalSecurity.org memperkirakan bahwa sebanyak 
20 terowongan pengganggu di DMZ; menmbah genting hubungan antara Utara 
dan Korea Selatan.
Mengapa
 Unik : Terowongan dengan lebar 200-kaki ini besar untuk menampung 
kereta api, sehingga pada tahun 1906 dibangun jalur Selatan Kereta Api 
penumpang yang melalui struktur alam ini. Hari ini, kereta api penumpang
 tidak lagi digunakan, tetapi pengangkutan terus untuk mengangkut batu 
bara melalui terowongan secara teratur. Karena kagum terhadap struktur 
alam ini, William Jennings Bryan, calon presiden tahuna1896 dan Woodrow 
Wilson's menteri luar negeri, menyatakan itu adalah keajaiban dunia ke 
delapan.



