Sejarah Perkembangan Blogger Dan Wordpress

Blog menjadi populer sejak tahun 2002. Blogger.com dicatat sebagai pelopor pertamanya. Sejak pertama kali dipopulerkan, dunia blog berkembang pesat. Kata blog, yang bahkan belum dikenal sekitar lima belas tahun lalu, kini menjadi salah satu hal yang tidak terpisahkan dari kehidupan masyarakat modern. Blog menjadi tren sekaligus cirri paling kental dari masyarakat modern era cyber, seperti saat ini. Puluhan juta orang memiliki blog yang berisikan berbagai macam hal, mulai dari curhatan pribadi, hobi, musik, olahraga, buku, hingga tulisan-tulisan serius seputar tema-tema yang serius pula. Lalu, bagaimana sebenarnya asal usul dan sejarah blog?

Blog berasal dari kata “weblog” yang merupakan singkatan dari “logging the web” yang berarti “masuk ke dalam sebuah web”. Walau hingga tahun 1999 kata blog belum dikenal oleh masyarakat dunia, namun kegiatan blogging dipercaya sudah ada sejak internet diciptakan. Kegiatan blogging pertama di dunia dilakukan oleh seorang bernama Justin Hall pada tahun 1994 di web pribadi miliknya. “Links.net”, alamatnya.


Justin Hall adalah seorang warga negara Amerika yang ketika itu masih berstatus sebagai mahasiswa di Swarthmore College. Web Hall itu akrab disebut sebagai “buku harian online”. Di dalamnya berisi berbagai hal tentang dirinya. Web itu sifatnya personal. Karenanya, walau saat itu belum dikenal istilah blog dan karenanya web milik Hall itu tak bisa disebut sebagai blog. Namun, mempertimbangkan konten dan sifatnya yang personal, web itu disebut-sebut sebagai cikal bakal munculnya blog.

Barulah pada tahun 1997, kata weblog mulai lahir ketika seorang programmer bernama Jorn Barger membuat sebuah web yang dinamakannya “Robot Wisdom”. Kata yang diciptakan oleh Berger ini ternyata mendapat respon positif dan mulai digunakan oleh para pengguna internet.

Jorn Barger dengan Robot Wisdom-nya yang begitu populer saat itu kemudian menginspirasi Peter Merholz (programmer asal Amerika) pada tahun 1999 untuk menciptakan istilah populer baru berupa “weblog”. Merholz sangat tertarik dengan kegiatan weblog. Istilah weblog ‘pun ia singkat lagi menjadi wee-log yang kemudian ia persingkat lagi menjadi kata “blog”. Dan istilah blog ‘pun langsung populer.

Selanjutnya, upaya pengembangan blog tak lagi menjadi sebatas hobi sebagaimana dilakukan oleh Hall, Barger dan Merholz. Namun, popularitas blog menarik perhatian Pyra Labs (sebuah perusahaan di bidang aplikasi komputer yang didirikan oleh Evan Williams dan Meg Hourihan) untuk menjadikannya sebagai salah satu sayap bisnisnya. Sehingga, pada musim panas tahun 1999, layanan aplikasi web bernama “Blogger.com” untuk pertama kali dikembangkan oleh Pyra Labs. Dan blog ‘pun masuk ke ranah bisnis aplikasi komputer yang menggiurkan.

Setelah tiga tahun berada di bawah pengelolaan Pyra Labs, akhir tahun 2002, ‘Sang Raksasa Mesin Pencari’ bernama Google mengakuisisi Blogger.com. Maka, sempurnal ‘lah blog menjadi tren bisnis baru di ranah aplikasi komputer. Berbagai upaya pengembangan dan inovasi dilakukan oleh Google. Sehingga, sejak saat itu, blog sangat populer dan menjadi tren masyarakat dunia.

Saat ini, beragam platform blog telah bermunculan; dari Wordpress, Blogspot, Multiply, Myspace, dll. Jutaan blog dan blogger juga sudah tercatat ikut meramaikan dunia blog. Dunia blog kini seolah menjadi ‘republik’ tersendiri di jagat dunia maya, selain ‘Republik’ Twitter dan ‘Republik’ Facebook. Bahkan saat ini mulai hadir situs-situs microblogging seperti Tumblr, Plurk, dll. Kini, cakupan blog ‘pun menjadi sangat luas. Tak hanya tulisan, tapi juga foto, video, music, dll. Jadi, sudahkah Anda nge-blog hari ini?

2 comments:
Write komentar

Silahkan tinggalkan komentar dansaran anda kami akan segera membalasas komentar anda dengan senang :) :)