-->

LSI: JOKO WIDODO-MA'RUF AMIN KALAH TELAK di Twitter dan IG

sumber: tribunwow.com

Menurut Hasil Riset Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menyatakan bahwa mayoritas pengguna sosial media Facebook, mayoritas memberi dukungan untuk pasangan calon presiden nomor urut 01 yakni Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Sebaliknya, pengguna Twitter  dan Instagram memilih memberi dukungan untuk pasangan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Ardi Sopa, peneliti senior LSI mengatakan survei tersebut dilakukan pada tanggal 12-19 Agustus 2018 dengan melibatkan 1.200 responden.

Ada sebanyak 41,6 persen responden pengguna Facebook memilih pasangan Jokowi-MA'ruf. sementara 39,4 persen pengguna Facebook memilih Prabowo-Sandi. Sementara itu, di segmen pengguna Instagram sebanyak 42 persen dukungan diberikan kepada pasangan Prabowo-Sandi dan 40,9 persen dukungan untuk Jokowi-Ma'ruf.

Responden pengguna Twitter juga lebih banyak mendukung Prabowo-Sandi yakni mencapai 40 persen. Sementara dukungan untuk pasangan Jokowi-Ma'ruf hanya mencapai 34,3 persen.

dikutip dari WE Online, Denny JA menyebutkan "peta dukungan dikalangan pengguna media sosial cenderung mudah berubah. Ia menilai hal itu terjadi karena sangat banyak informasi yang beredar dan cepat".
"Dinamika dukungan dikalangan pengguna media sosial akan lebih cepat berubah dan liar karena pertarungan paling intens terjadi di segmen ini " kata Denny.

Bukan hanya hasil survei pada tahun 2018 saja, sepanjang awal tahun 2019 pengguna media sosial juga banyak memberi dukungan kepada pasangan calon presiden nomor urut 02 dilihat dari komentar-dan postingan yang berisi dukungan kepada pasangan calon ini.

Apapun hasil survei yang beredar, sebaiknya kita tunggu hasil resmi dari KPU agar tidak terjadi kesalah pahaman yang menimbulkan konflik antara semua kubu.
Siapapun presiden terpilih, semoga selalu amanah dan membawa Indonesia menjadi semakin baik 5 tahun kedepan.