-->

Permainan Kreatif dan Edukatif Untuk Anak di Rumah Saja Selama Pandemi


Halo ayah bunda, sudah beberapa minggu kita lewati pasca pandemi COVID-19 ini ya. Sekolah secara umum sudah diliburkan dan siswa hanya belajar dirumah. Seminggu pertama anak-anak masih happy saja ya menghadapi sekolah dirumah seperti saat ini. Tapi bagaimana setelah 2 minggu, 3 minggu bahkan lebih lama lagi? Bukan hanya tidak bisa pergi kesekolah, berkumpul bersama teman-teman, pergi kursus, jalan ke mall maupun beribadah semua belum boleh. pasti bosan sekali rasanya, jangankan untuk anak-anak yang belum paham sepenuhnya, untuk orang dewasa saja hal ini sangat membosankan bukan?

Apakah ayah bunda sudah mempunyai siasat bagaimana caranya agar anak-anak tetap happy dan menghilangkan bosan selama harus dirumah saja?
Tentunya ada banyak cara yang dapat dilakukan agar anak-anak dirumah tetap senang, dan tidak menjadi bosan selama dirumah saja. Bisa belajar masak bersama bunda, cuci mobil atau motor bersama ayah, membersihkan rumah bersama, menggambar dan mewarnai, bermain game, dan banyak lagi. Tapi kalau hal tersebut dilakukan terus-menerus dan berulang-ulang pasti akan ada efek bosan bagi anak-anak. Diusianya, sebaiknya anak-anak diberikan pembelajaran yang akan membentuk motorik, keterampilan dan kretifitasnya walaupun hanya dengan bermain dan di rumah saja.
Karena bermain akan melatih mental anak, baik mental keberanian untuk tampil didepan, atau mengajarkan pada anak-anak untuk sportif menerima apapun hasil dari permainan tersebut. Dengan keberanian untuk tampil didepan dan sprtif saja, dapat mendukung anak untuk mengasah skill nya dihadapan orang lain. Hasilnya, anak-anak akan tampil lebih percaya diri, dan dapat menjadi orang yang berpengaruh terhadap lingkungan sekitarnya.
Dalam diri setiap anak terdapat hasrat untuk bermain. Seperti halnya kebutuhan bersosialisasi dan berkelompok, bermain adalah hal yang mendasar untuk melatih anak mengatasi masalah-masalah kecil. Bermain sebenarnya juga merupakan proses belajar, diantaranya belajar pengetahuan alam, bekerja sama, dan belajar fokus dalam melakukan pekerjaan.

Saya akan membahas beberapa permainan yang kreatif dan edukatif yang bisa ayah dan bunda berikan kepada anak-anak. Ayah dan bunda juga bisa ikut bermain bersama untuk membangun kedekatan bersama anak-anak.
Mau tau permainan nya seperti apa? Simak baik-baik ya.

Bermain Pilih Warna (Untuk PAUD,TK)
Tujuan Permainan ini adalah :
1. Mengenalkan warna karena sudah sepantasnya dalam usia ini anak-anak dikenalkan dengan berbagai macam warna.
2. Menumbuhkan kedekatan dan kebersamaan antara orang tua dan anak. Anak akan lebih akrab dengan orang tua dan akan lebih betah berada didalam rumah.
3. Menghilangkan rasa bosan dan jenuh. Anak-anak akan mudah merasa bosan tanpa diajak bermain.
4. Menambah wawasan dan pengetahuan baru untuk anak. Anak-anak lebih siap menerima pelajaran tentang warna disekolah karena sudah diajarkan untuk mengenal warna dengan cara yang menyenangkan dirumah.
Ketentuan Permainan :
1. Waktu Permainan      : 15 menit
2. Sifat permainan         : Perorangan
3. Tempat bermain        : Indoor / didalam ruangan
4. Alat dan bahan          : - Bola berwarna
                                        - Mainan yang ada dirumah
                                        - kertas warna, kursi dan lain-lain            
Cara Bermain
1. Siapkan mainan-mainan, bola, dan kertas warna pada tempat yang nyaman.
2. Pastikan mainan tersebut berwarna-warni
3. Ajaklah anak ketempat yang sudah disediakan.
4. Ajaklah anak bermain dengan permainan yang ada disekelilingnya.
5. Tunjukkan warna yang ada di sekeliling kepada anak. Misalnya, dengan memegang bola               berwarna, kemudian tunjukkan warnanya.
6. Pastikan anak paham dengan warna-warna yang ada dissekitarnya.
7. Beri instruksi kepada anak untuk mencari dan mengambil benda atau mainan sesuai dengan warna yang anda inginkan.
8. Ulangi instruksi ini berulang-ulang hingga anak paham dan hafal tentang warna.

Demikian ayah, bunda. Gampangkan permainannya. Permainan ini cocok sekali dimainkan bersama anak yang masih usia PAUD atau TK. Pastikan anak bermain dalam keadaan sehat dan ceria ya.

Setelah ini saya akan membagikan lebih banyak permainan lain kepada ayah dan bunda. Ditunggu ya
Lihat Komentar