Lestarika Ayo Bangkit Lagu Daerah Anda

Ayo Bangkit Lagu Daerah

Setiap dari kita,pasti lahir dari berbagai suku & tempat yang berbeda satu sama lain. Tapi bukan hanya kampung halaman saja yang selalu kita ingat, melainkan juga dengan sebuah tradisi & lagu daerah yang melekat dalam hati kita & menjadi kenangan yang tidak akan pernah terlupakan sepanjang hidup kita.


Walaupun kita tinggal dilokasi yang jauh dari kampung halaman saat ini & nanti, pasti kita tidak bisa melepaskan atau bahkan melupakan semua itu dari benak kita. Karena itu, merupakan sebuah identitas diri kita yang sebenarnya hingga nanti kembali kepada Tuhan. Pada saat ini, ditengah maraknya lagu Pop, Rock, Metal & Jazz yang secara deras memasuki pasar musik Indonesia. Dan secara perlahan tetapi pasti menggusur dominasi musik tradisional daerah Indonesia yg beraneka ragam.


Sungguh menyedihkan sekali, seakan lagu daerah pada saat ini hanya dijadikan symbol & lagu pemeriah saja yang dikumandangkan secara merdu di hari - hari tertentu saja dari tahun ke tahun. Generasi muda,hanya suka dengan lagu Barat & Korea saja yang sedang menjadi Trend dikalangan anak muda saat ini. Seolah tidak ada rasa memiliki kita, terhadap musik daerah tersebut sama sekali hanya disaat lagu daerah tersebut di klaim oleh negara & bangsa lain. Kita baru memiliki rasa kepedulian memiliki akan sebuah budaya bangsa yang harus dijaga & lestarikan.


Padahal lagu daerah Indonesia,lebih punya filosofi & arti yang luas dalam tafsirannya dikehidupan manusia.Dibanding lagu Jazz, Pop, Metal & Rock tapi mengapa kita seakan tidak peduli dengan itu semua ? Padahal itu adalah warisan nenek moyang & para Wali Songo kita dahulu kala,


1. Ingatlah lagu daerah kita setiap saat, maka kita akan mengetahui jati diri kita yang sebenarnya.
2. Ingatlah lagu daerah kita setiap saat, maka kita akan mengiat nenek & kakek kita dahulu yang mendidik kita dengan hati.
3. Ingatlah lagu daerah kita setiap saat, karena disaat kita meninggal nanti kita akan diistirahatkan di tanah Bumi Pertiwi ini bukan di tanah bangsa lain.
4. Ingatlah lagu daerah kita, sebelum lagu daerah ini hilang.



Kesimpulan : Dengan tulisan singkat saya ini, mudah – mudahan bisa menggugah rasa kepedulian kita semua tentang sebuah nilai & asset budaya bangsa yang tidak ternilai harganya oleh uang sebanyak apa pun. Mulai dari pribadi kita yang menjaga & melestarikan itu semua, jangan tunggu orang lain bertindak karena kita diciptakan untuk berbuat bukan menunggu.

No comments:
Write komentar

Silahkan tinggalkan komentar dansaran anda kami akan segera membalasas komentar anda dengan senang :) :)