Tips Aman Berselancar Di Dunia Maya

Tips Aman Ber-Internet Sebelumnya saya mohon maaf karena baru sempat menulis lagi. Kesibukan sekolah yang tidak bisa ditunda membuat saya harus mengundur waktu untuk membuat tulisan lagi. Mohon maaf sekali lagi.

Internet, salah satu kemajuan IT yang sekarang ini telah menjadi salah satu kegiatan yang tidak bisa ditinggalkan oleh sebagian orang. Malah internet telah menjadi kebutuhan hidup mereka. Tentu saja manfaat internet yang melimpah membuat sebagaian orang enggan meninggalkannya.
Ketika kita sedang melakukan kegiatan ber-internet atau lebih dikenal dengan browsing, terkadan kita tidak memperhatikan dengan baik apa yang sebenarnya yang sedang kita akses. Seperti meng-klik link yang ada di internet sembarangan. Itu bisa mengakibatkan komputer anda terserang virus yang menyebar di internet.Atau memberikan informasi pribadi didunia maya akan membawa dampak buruk bagi anda. Oleh karena itu kita harus berhati-hati jika berada didunia maya. Berikut ini ada beberapa tips aman ber-internet:

  1. Gunakanlah firewall pada komputer pribadi anda. Dengan adanya firewall, maka virus dan peretas tidak mudah untuk mengakses komputer anda dan tidak melakukan hal yang dapat merugikan anda. Jika anda memiliki cukup budget untuk membeli sebuah firewall, maka saya sarankan untuk menggunakan ZoneAlarm Firewall bagi pengguna Windows dan bagi pengguna Mac anda bisa menggunakan MacKeeper sebagai firewall anda.
  2. Gunakan selalu anti-virus.  Untuk mencegah penyebaran virus dari Internet maupun media lainnya, AV (anti virus) sangat diperlukan. Apalagi sekarang kita tahu banyak AV yang beredar dipasaran. Malah ada AV yang gratis. Jadi, silahkan gunakan sesui dengan kebutuhan anda. Kalau saya pribadi, saya lebih memilih menggunakan Avira Anti Virus
  3. Jangan sebarkan alamat e-mail, nomor ATM, nomor telepon sembarang karena bisa saja informasi itu digunakan pihak yang tidak berwenang dan merugikan anda.
  4. Gunakanlah kombinasi password atau kata kunci yang kuat bagi akun-akun layanan internet anda. 
  5. Jangan meng-klik sembarang link, bukalah apa yang anda ingin akses.
  6. Jangan membuka situs porno atau warez (penyedia software bajakan) karena situs-situs seperti itu biasanya menyelipkan keygen yang ber-virus (ada beberapa). Gunakalah software original. Atau free software ketimbang menggunakan software bajakan. 
  7. Selalu update dan patch sistem operasi yang anda gunakan. Tujuannya agar celah keamana bisa ditutupi dan kemungkinan peretas menyerang komputer anda.
Itulah sedikit tips dari saya. Semoga tips ini berguna bagi kita semua. Mohon maaf jika ada kesalahan dalam penyusunan dan penulisan artikel ini. Kritik dan saran anda saya tunggu dikotak komentar. Terima kasih sudah membaca.

No comments:
Write komentar

Silahkan tinggalkan komentar dansaran anda kami akan segera membalasas komentar anda dengan senang :) :)