Tips-Triks Bagi Blogger Pemula 2013


Tips Bagi Blogger Pemula
Setelah cukup lama cuti dari dunia blog, akhrinya saya bisa kembali lagi. Sebelumnya, saya ucapkan Selamat Natal dan Tahun Baru, semoga Tuhan selalu memberkati kita semua.

Padi postingan kali ini, Insya Allah saya akan nge bahas sedikit tentang studi saya sewaktu cuti dari dunia blogging. 
Saya ditanya oleh seorang teman dekat saya. Pangil saja dia Boy (jika ada kesamaan nama itu hanya kebetulan belaka :D). Berikut ini adalah log perbincangan saya dengan Boy dan masih saya.




Boy: Bro, ajarin nge-blog dong, soalnya blog gue gagal terus nih!!!
Me: Waduh salah kayaknya kalau kamu mau belajar sama saya, soalnya saya masih pemula
Boy: Dikit aja Rek, yang penting ada
Me: Hmm...oke kalau gitu, saya bakalan kasih tau kamu beberapa tips yang saya pikir cocok bagi blogger pemula seperti kita
Boy: OK bos!!
Me: minta kertanya dong!!!
Boy: Ini bos!

Nah, saya pun menuliskan apa-apa saja yang harus dilakukan oleh blogger pemula.

  1. Tentukan tema blog. Maksudnya adalah apa tema blog kalian. Contoh, temanya tentang teknologi. Yah..isi blog nya juga harus berbau teknologi. Jangan temanya teknologi isi nya gosip selebriti (ngakak).
  2. Buat postingan yang original, ngak copas, unik, dan berbeda dari yang lain. Dari beberapa kasus yang pernah saya hadapi (termasuk yang saya sendiri pelakunya) blogger pemula hanya nge-copas artikel dari mbah google. Yah jadinya kalau kita searching digoogle, pasti artikelnya sama satu lain (biasanya).
  3. Bangun silaturahmi dengan blogger lain. Ini yang penting. Kita sebagai blogger harus bersilaturami satu sama lain. Dengan tujuan, mendapatkan pengunjung (hehe...ada udang dibalik batu) dan mendapatkan masukkan dari blogger yang bisa jadi lebih senior dari kita. Caranya, kunjungi blog meraka dan baca artikel mereka jangan lupa berikan komentar kalian. Ingat budayakan ber-komentar. Selain baik untuk kesehatan, itu juga baik untuk blog kita (ngakak)
  4. Submit artikel kalian ke  http://ureport.vivanews.com/blog. Saya pernah men-submit artikel  kesana. Setelah mereka "menyetujui", artikel saya masuk ke sana (iyalah jelas). Ternyata manfaatnya sangat besar. Jumlah pengunjung ke blog saya bertambah banyak dan popularitas blog saya agak naek. Penasaran? silahkan coba sendiri! (catatan: artikel harus orisinil dan menarik)
  5. Berdo'a sama Tuhan supaya blognya laku dipasaran (harus dong, usaha tanpa do'a=sayur tanpa garam)
Kalau menurut saya cuman itu tips bagi blogger pemula. Itu semua berdasarkan atas apa yang saya alami setelah jatuh bangun nge-blog didunia maya. Semoga kita (blogger pemula termasuk saya) bisa bertahan melawan arus banjir kiriman dari sungai Citareum (ngakak). Maaf kalau saya ada salah dalam penulisan artikel ini. Juga, saya mohon maaf atas perubahan yang terjadi pada blog saya. Terima Kasih telah membaca. Kritik dan saran teman-teman saya tunggun dikotak komenter.

7 comments:
Write komentar
  1. Kunjungi Balik Blogger Ku, ada autolike nya juga Loh => http://tipsjrswirogas.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke bro makasih dah mampir di blog jadul ini.....

      Delete
  2. Thanks y infonya,, berguna banget :)

    ReplyDelete
  3. apakah kalau submit ke vivanews ada syarat tertentu mas bro

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ea,pasti ada bro.krna bro yng bcanya banyak sekali jadi klw submit artikel,artikelnya bagus,tdk mengandu sara,sopan,berkualitas dan banyak lagi bro...

      Delete
  4. Terima kasih, masukan positif utk pemula.

    ReplyDelete
  5. makasi infonya,jadi lebih tau nih

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar dansaran anda kami akan segera membalasas komentar anda dengan senang :) :)