1. Mio Soul => + - 28 Km/Liter
2. Jupiter Z => + - 40 Km/Liter
3. Jupiter MX => + - 37 Km/Liter
4. V-Ixion => + - 40 Km/Liter
5. Kharisma => + - 45 Km/Liter
6. Satria F => + - 33 Km/Liter
Hanya saja Satria F dan V-Ixion sebenarnya tidak dianjurkan pake Premium. Premium kan untuk rasio kompresi 7:1 hingga 9:1. Mesin kompresi tinggi kalo dikasi bahan bakar oktan rendah bisa terjadi pembakaran terlalu cepat sehingga orang2 bilang mesin mengelitik / knocking. Efek ekstrim/jangka panjangnya piston bisa lecet, retak, bahkan bolong.
Sedangkan kompresi Satria F 10,2:1 lalu V-Ixion 10,7:1. Jadi semestinya pake sekelas Pertamax yang ditujukan untuk kendaraan rasio kompresi 9:1 hingga 10:1. Atau baik lagi pake Pertamax Plus yang ditujukan untuk kompresi 10:1 hingga 11:1.
NB: biarpun lebih mahal, kalo Satria F dan V-Ixion tadi anda kasi Pertamax / Pertamax Plus pada umumnya justru lebih irit lagi. Jadi bayar agak mahal, peforma mesin lebih OK & lebih awet, lebih irit pula.
Ok, setahu saya demikian, semoga membantu :)
2. Jupiter Z => + - 40 Km/Liter
3. Jupiter MX => + - 37 Km/Liter
4. V-Ixion => + - 40 Km/Liter
5. Kharisma => + - 45 Km/Liter
6. Satria F => + - 33 Km/Liter
Hanya saja Satria F dan V-Ixion sebenarnya tidak dianjurkan pake Premium. Premium kan untuk rasio kompresi 7:1 hingga 9:1. Mesin kompresi tinggi kalo dikasi bahan bakar oktan rendah bisa terjadi pembakaran terlalu cepat sehingga orang2 bilang mesin mengelitik / knocking. Efek ekstrim/jangka panjangnya piston bisa lecet, retak, bahkan bolong.
Sedangkan kompresi Satria F 10,2:1 lalu V-Ixion 10,7:1. Jadi semestinya pake sekelas Pertamax yang ditujukan untuk kendaraan rasio kompresi 9:1 hingga 10:1. Atau baik lagi pake Pertamax Plus yang ditujukan untuk kompresi 10:1 hingga 11:1.
NB: biarpun lebih mahal, kalo Satria F dan V-Ixion tadi anda kasi Pertamax / Pertamax Plus pada umumnya justru lebih irit lagi. Jadi bayar agak mahal, peforma mesin lebih OK & lebih awet, lebih irit pula.
Ok, setahu saya demikian, semoga membantu :)