Makanan Minyak dan Manis Tempat Kuman Tumbuh dan berkembang

Makanan Minyak dan Manis Tempat Kuman Tumbuh dan berkembang
Makanan Minyak dan Manis Tempat Kuman Tumbuh
Makanan manis dan berminyak adalah jenis kudapan yang sangat disukai anak-anak. Sayangnya, dua jenis makanan itu ternyata menjadi sumber datangnya penyakit bagi anak.


Bukan saja memicu obesitas, makanan manis dan berminyak adalah media terbaik bagi kuman untuk berkembang biak.

"Manis itu makanannya kuman. Maksudnya, kuman untuk berkembang biak membutuhkan gula, karena itu kuman senang sekali tumbuh di makanan manis," ujar Dokter Spesialis Anak Rumah Sakit Hermina, Herbowo Soetomenggolo, di Jakarta, Senin, 2 Juli 2012.

Menurut Herbowo, bukan makanan manisnya yang membuat anak batuk, melainkan adanya kuman pada makanan manis yang sering tidak disadari. Sementara itu makanan berminyak juga tidak baik, karena merangsang pengeluaran lendir pada tenggorokan.




Lendir pada tenggorokan menurut Herbowo juga merupakan media tempat hidupnya kuman. "Karena itu, akibatnya anak menjadi batuk," katanya.

Sementara itu, beberapa mitos seperti air dingin dan hujan rintik-rintik menurut Herbowo bukanlah penyebab utama anak terkena batuk atau pilek. Air dingin asalkan tidak manis, tidak bermasalah bila diberikan pada anak. Begitu pula dengan hujan rintik-rintik. "Sebab semua itu tergantung sistem imunitas tubuh si anak," katanya.

Hanya saja, air dingin dan kondisi hujan rintik-rintik, menurut Herbowo memang menjadi faktor pemicu kondisi batuk dan pilek. "Namun sekali lagi, air es dan hujan rintik-rintik bukan penyebab utama terjadinya batuk dan pilek," ujar Herbowo. 

No comments:
Write komentar

Silahkan tinggalkan komentar dansaran anda kami akan segera membalasas komentar anda dengan senang :) :)