Pengertian Blog DoFollow dan NoFollow Dan Cara Mengetahuinya

Cara Mengetahui Blog Nofollow Dofollow

Ternyata pengetahuan tentang blog Nofollow dan DoFollow harus saya jelaskan lagi di blog Belajar Ilmu Komputer ini karena masih ada saja yang bertanya tentang pengertian DoFollow dan NoFollow, maklum yang bertanya juga adalah blogger pemula, seperti saya juga. Jadi meskipun pengetahuan saya tentang blog DoFollow dan Blog NoFollow sangat minim namun tidak ada salahnya saya mencoba menjelaskan pengertian blog DoFollow dan Blog NoFollow kepada rekan-rekan blogger pemula yang membutuhkannya.

Pengertian Blog DoFollow dan NoFollow

Menurut Belajar Ilmu Komputer, Blog DoFollow adalah blog yang menyediakan ruang komentar pada halaman blognya sebagai link balik bagi pengunjung yang meninggalkan komentar, sehingga apabila halaman blog tersebut dikunjungi oleh mesin pencari (search engine), maka link yang ditinggalkan pada komentar juga ikut ditelusuri (follow) oleh mesin pencari.
Contohnya, jika seseorang mengunjungi blog Belajar Ilmu Komputer, kemudian memberikan komentar pada kolom komentar. Pada form komentar terdapat atribut Nama, email dan url website/blog. Url website inilah yang merupakan sebuah link yang menautkan komentar blog tersebut ke blog miliknya sendiri. Apabila blog yang diberikan komentar adalah blog DoFollow maka komentar tersebut memberikan keuntungan buat si pemberi komentar, karena blognya juga akan ditelusuri oleh mesin pencari, dengan demikian blognya mudah terindex di mesin pencari.
Sedangkan pengertian blog NoFollow adalah blog yang menyediakan kolom komentar seperti halnya blog DoFollow, namun link url yang ditinggalkan pada komentar tidak akan ditelusuri juga oleh mesin pencari karena ada atribut NoFollow. Meski blog NoFollow tidak memberikan kesempatan kepada robot mesin pencari untuk menelusuri link yang tersedia, namun pada kenyataannya, menempatkan link di blog NoFollow juga sangat bermanfaat.

Cara Mengetahui Blog DoFollow atau NoFollow

Setelah memahami pengertian blog DoFollow maupun blog NoFollow, lalu sekarang bagaimana supaya kita bisa mengetahui kalau blog yang kita kunjungi itu adalah blog DoFollow maupun blog NoFollow. Atau mungkin saja anda tidak tahu apakah blog anda sendiri termasuk blog DoFollow atau Blog NoFollow. Berikut ini cara untuk mengetahui blog DoFollow atau NoFollow.
Cara Pertama adalah dengan memanfaatkan addon NoDoFollow dari Mozilla Firefox, dengan adanya addon NoDoFollow, dapat diketahui blog yang dikunjungi tersebut, apakah blog NoFollow atau Blog DoFollow. Caranya, klik kanan pada halaman blog yang dibuka kemudian klik NoDoFollow. Jika blog tersebut NoFollow, maka sebagian background blog tersebut, akan berubah warnanya menjadi keabu-abuan, dan pabila blog tersebut DoFollow maka sebagian background blog tersebut berwarna biru. Untuk installasi addon NoDoFollow Mozilla Firefox, silahkan menuju ke https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/nodofollow/, kemudian ikuti langkah dibawah ini.
  1. Klik Continue to Download
  2. Klik Add to Firefox
  3. Klik Allow
  4. Klik Install Now
  5. Klik Restart Now (atau restart firefox anda secara manual)
Untuk mengetahui blog anda sendiri, apakah blog anda merupakan blog NoFollow atau blog DoFollow, silahkan ikuti langkah berikut ini.
  1. Login dashboard blogger
  2. Klik Template
  3. Klik Edit HTML
  4. Klik Proceed
  5. Centang Expand Widget Templates
  6. Temukan kode berikut  
  7. Ganti rel='nofollow menjadi rel=dofollow kalau anda ingin menjadikan blog anda dofollow begitu juga sebaliknya. Atau anda juga bisa menghapus kode rel='nofollow'
  8. Klik Save Template

Kelebihan Kekurangan Blog DoFollow NoFollow

Blog Nofollow

Kelebihan
  1. Lebih disayangi mesin pencari Google.
  2. Salah satu cara menghindari komentar Spam
  3. Link keluar tidak terlalu banyak
Kekurangan
  1. Jumlah komentar sedikit
  2. Lambat dalam membangun link secara otomatis

Blog DoFollow

Kelebihan
  1. Memiliki komentar yang banyak
  2. Selalu dikunjungi oleh blogger lain
  3. Menjadikan referensi blogger lain untuk dikunjungi
Kekurangan
  1. Banyak komentar Spam yang dapat merugikan blog itu sendiri
  2. Link keluar bisa lebih besar sehingga berpengaruh terhadap page rank blog di mata search engine
  3. Mesin pencari google kurang berminat dengan blog ini
Selesai sudah cara mengetahui blog DoFollow maupun NoFollow begitu juga mengetahui pengertian DoFollow dan NoFollow serta mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing blog DoFollow dan blog NoFollow. Semoga bermanfaat.

1 comment:
Write komentar

Silahkan tinggalkan komentar dansaran anda kami akan segera membalasas komentar anda dengan senang :) :)