-->

7 Manfaat Jus Seledri Yang Harus Kamu Tahu



Belakangan ini lagi ada trend jus sehat pakai seledri. Banyak kalangan yang turut mempopulerkan jus seledri ini mulai dari kalangan selebritas lokal dan dari luar negeri, sampai selebgram.
Banyak diantara mereka yang sudah merasakan manfaat dari kebaikan jus seledri ini. Mulai dari kulit lebih sehat, menurunkan kolestrol sampai membuat tubuh menjadi lebih bugar.

Benarkah jus seledri mengandung banyak manfaat?
Profesor di bidang nutrisi yang juga penulis Finally Full, Finally Slim, Lisa Young mengatakan jus seledri ini menunjukkan banyak orang menginginkan satu makanan ajaibyang bisa bermanfaat buat kesehatan mereka.
"Selalu ada momen orang tertarik terhadap sesuatu, kebetulan saat ini seledri,"kata Young seperti yang dilansir Self , Rabu (9/4/2019).

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kandungan dari seledri dinila baik untuk kesehatan.
Seledri seperti tanaman hijau lainnya memiliki phytochemicals yang bermanfaat untuk semua proses dan sistem didalam tubuh kita.
Biasanya jus seledri terkenal untuk menurunkan tekanan darah. Akan tetapi, tahukah kamu bahwa ada manfaat lain yang akan kita rasakan jika rutin mengkonsumsi jus seledri?

Ya, ternyata jus seledri memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh loh.
Apa saja manfaat dari jus seledri untuk tubuh? yuk simak penjelasan berikut ini.

credit: Pexel.com

Manfaat Rutin Mengkonsumsi Jus Seledri Untuk Tubuh

 1. Mengurangi Peradangan dalam Tubuh

Rutin mengkonsumsi jus seledri bisa memberikan manfaat berupa pengurangan peradangan dalam tubuh. Peradangan dalam sel-sel tubuh menjadi tinggi resikonya dengan adanya paparan radikal bebas dari lingkungan.
Kandungan zat antioksidan, terutama jenis flavonoid yang tinggi dalam seledri, terbukti mampu melawan dan mencegah terjadinya peradangan dalam sel dan DNA dalam tubuh.
Sehingga rutin mengkonsumsi jus seledri dapat memberikan manfaat berupa tubuh menjadi lebih optimal dan lebih cepat kembali prima saat kurang fit.

2. Menekan Terjadinya Stres Oksidatif Pada Tubuh 

Selain peradangan pada sel dan DNA tubuh, paparan radikal bebas dan asupan zat berbahaya dalam tubuh juga dapat memberikan dampak buruk pada tubuh berupa terjadinya stres oksidatif.
Stres oksidatif adalah kondisi yang akan meningkatkan resiko penyakit degeneratif, misalnya stroke, kanker, dan penyakit jantung koroner.

Kandungan flavonoid dan vitamin C pada jus seledri terbukti mampu memberikan manfaat pencegahan dan melawan kondisi stres oksidatif pada tubuh dengan cukup baik.

3. Menjaga Kesehatan jantung dan Ginjal 

Kombinasi kandungan gizi yang ada pada jus seledri, terbukti mampu memberikan manfaat untuk kesehatan jantung dan ginjal. Hal ini disebabkan kandungan pada jus seledri dapat memberikan asupan antioksidan dan cairan alami yang mudah diserap oleh tubuh. Kondisi ini juga dibuktikan pada suatu studi ditahun 2014 yang menyebutkan bahwa berbagai jenis antioksidan pada seledri bisa memberikan manfaat preventif penyakit,  bagi organ hati, jantung dan ginjal.

4. Mencegah Kanker 

Dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa konsumsi jus seledri dapat memberikan manfaat untuk 
penyembuhan yang baik untuk pasien kanker yang melakukan kemoterapi. Didukung dengan kandungan zat antioksidan yang tinggi, lengkap dan mudah diserap oleh tubuh.

5. Menurunkan Tekanan Darah

 Kombinasi kandungan zat yang ada pada bagian daun, batang dan biji seledri, memiliki sifat anti hipertensi tang baik untuk memperbaiki fungsi kerja dinding arteri dalam pembuluh darah.
Hal ini kemudian menyebabkan tekanan darah lebih terkontrol dan tubuh menjadi terhindar dari tekanan darah tinggi.


Nah itu beberapa manfaat dari jus seledri jika dikonsumsi rutin, kamu tertarik untuk mencobanya?