-->

Skenario Pemerintah Pasca COVID-19

Skenario Pemerintah Pasca COVID-19, Mal Buka Juni
sumber : CNBC Indonesia
Kementerian Perekonomian mengeluarkan sebuah rentang waktu atau tieline pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi COVID-19 atau virus corona. Dalam dokumen yang diterima CNBC Indonesia, Kamis (7/5/2020), presentasi itu berjudul "Roadmap Ekonomi Kesehatan Keluar COVID-19". Dokumen tersebut dipresentasikan Ekonom kawakan Raden Pardede didalam rapat resmi Kemenko Perekonomian.
Raden pun membenarkan proposal tersebut merupakan hasil yang dibuat olehnya, yang kemudian dipresentasikan langsung kepada Menko Perekonomian Airlangga Hartanto melalui video conference.
Kendati demikian, Raden enggan berkomentar banyak dan hanya mengakui, bahwa timeline pemulihan ekonomi ciptaannya itu baru sekedar proposal saja. "Itu baru proposal mbak,: ujarnya singkat kepada CNBC Indonesia, Kamis (7/5/2020). Terpisah, Sekretaris Kementerian Kordinator Bidang Perekonomian Susiwijono mengkonfirmasi bahwa, timeline pemulihan ekonomi yang beredar dimasyarakat baru hanya merupakan kajian awal Kemenko Perekonomian. "Itu merupakan kajian awal Kemenko Perekonomian, yang selama ini secara intens melakukan kajian dan kebijakan pemerintah menjelang, selama, dan pasca pandemi COVID-19," ujarnya kepada wartawan.
Kajian awal yang beredar tersebut, lanjut Susi sebagai antisipasi untuk melakukan upaya-upaya yang diperlukan pasca pandemi COVID-19 mereda.
Saat ini Kemenko Perekonomian sedang membahas secara intens dengan kementerian dan lembaga terkait guna mematangkan kajian awal tersebut. "Dalam waktu dekat Kemenko Perekonomian akan melakukan finalisasi atas kajian awal tersebut, dan akan disampaikan kepada masyarakat," tuturnya.

Baca juga  5 fase kajian Awal Pemulihan Ekonomi Indonesia