10 Makanan Yang Sangat Berguna Bagi Otak

10 makanan super untuk otak
Otak adalah pusat kendali dari segala aktivitas kita sehari-hari. Memiliki otak yang cerdas, ingatan yang kuat dapat peroleh melalui asupan yang dibutuhkan oleh otak, tentu saja dengan ditunjang oleh stimulasi atau latihan yang konsisten. Makanan-makanan berikut ini yang dapat dengan mudah kita temukan, ternyata mengandung kekuatan yang luar biasa untuk otak. Otak juga butuh asupan nutrisi yang tepat, jadi hindari mengkonsumsi junk food yang terlalu sering, agar otak kita ternutrisi dengan baik. Berikut ini adalah 10 makanan super untuk meningkatkan kemampuan otak kita.

10. Delima

Buah delima atau pomegranate adalah buah yang mengandung banyak manfaat, nutrisi dan vitamin. Untuk otak, buah delima menawarkan manfaat antioksidan kuat, yang melindungi otak dari kerusakan radikal bebas. Menurut ahli saraf David Perlmutter, MD, dan juga penulis The Brain Book baik “Mungkin tidak ada bagian dari tubuh lebih sensitif terhadap kerusakan dari radikal bebas seperti otak”. Delima sangat kaya akan antioksidan, sedangkan antioksidan juga secara tidak langsung membantu Anda mempertahankan fungsi otak yang sehat dengan melindungi jantung Anda dari radikal bebas. Seperti yang diungkapkan dalam artikel Franklin Institute dalam judulnya “Maintaining the Oxygen Balance in Your Brain”.
delima

9. Kacang dan biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian termasuk makanan super untuk otak kita. Kacang-kacangan seperti kenari (walnut), mete, almond dll mengandung banyak asam lemak omega 3 yang sangat membantu fungsi kerja otak kita dan juga membantu fungsi membran sel agar berfungsi dengan baik. Membran sel, pada intinya terdiri dari lemak, adalah penjaga pintu sel. Omega-3 lemak, fleksibel dan cair secara alamiah, membuatnya mudah untuk nutrisi untuk melewati melalui membran luar sel dan juga membantu menghilangkan limbah secara efisien. Sedangkan biji-bijian yang terdapat dalam biji bunga matahari, biji labu juga sangat baik sebagai nutrisi otak kita. Biji bunga matahari mengandung tryptophan, asam amino yang penting bahwa otak mengkonversi ke seratonin, yang merupakan cara alami untuk meredakan depresi ringan dan insomnia. Selain itu, biji bunga matahari juga mengandung tiamin yang tinggi, serta vitamin B, yang penting untuk meningkatkan memori dan fungsi kognitif. Biji labu kaya nutrisi, termasuk: Zinc, Vitamin A dan E, dan Omega 3 dan 6. Seng ditemukan dalam biji labu memainkan peran penting dalam memori meningkatkan dan keterampilan berpikir.
kacang-kacangan dan biji-bijian bagus untuk otak

8. Gandum

Gandum merupakan nutrisi yang baik untuk otak dapat ditemukan dalam produk oatmeal, sereal, roti gandum dll. Mengapa gandum bagus untuk otak? Karena gandum memiliki persentase folat yang tinggi yang berperan penting dalam meningkatkan aliran darah ke otak. Gandum kaya akan vitamin B6, Omega-3 dan tiamin yang berfungsi meningkatkan memori kita.
gandum, baik untuk otak

7. Brokoli

Sayuran super ini tidak hanya baik untuk tubuh karena mengandung antioksidan yang tinggi, tetapi juga sangat bagus untuk otak kita. Antioksidan berperan penting dalam menangkal radikal bebas yang terserap masuk ke dalam tubuh kita. Kandungan gizi brokoli secara keseluruhan sangat lengkap. Kandungan vitamin K dalam brokoli dapat meningkatkan fungsi kognitif dan meningkatkan kemampuan otak dan mencegah penyakit alzheimer. Diet brokoli akan membuat anda awet muda dan memiliki otak yang tajam.
brokoli, baik untuk otak

6. Susu

Susu dan juga dairy product yang lainnya seperti yogurt, keju, butter, es krim dll juga bermanfaat untuk kekuatan otak kita. Seperti yang kita tahu susu telah lama dikenal untuk membantu membangun tulang yang sehat dan memberikan tubuh dengan dorongan vitamin dan protein. Susu juga merupakan makanan yang baik untuk otak, khususnya dalam kekuatan memori otak. Penelitian, yang diterbitkan dalam Journal Dairy Internasional, menunjukkan orang dewasa yang mengkonsumsi produk susu setidaknya lima atau enam kali seminggu menunjukkan hasil yang jauh lebih baik dalam tes memori dibandingkan dengan mereka yang jarang makan atau minum produk dari susu.
susu, baik untuk otak

5. Telur

Telur sangat akrab dengan lauk pauk kita sehari-hari. Telur diyakini sebagai sumber gizi yang dapat meningkatkan ingatan otak. Telur adalah sumber protein, kaya akan vitamin dan mineral. Masih ada sumber berharga yang terdapat dalam sebutir telur yaitu kandungan gizi yang disebut kolin, yang bisa membantu meningkatkan memori di otak pusat. Dalam kuning telur juga mengandung karotenoid yang disebut lutein dan zeaxanthin yang mudah diserap oleh retina mata sehingga membantu mata kita tetap sehat.
telur, baik untuk otak

4. Blueberry

Blueberry, buah kecil nan imut ini ternyata menyimpang segudang kandungan gizi yang lengkap dan merupakan sumber asupan yang baik untuk otak. Blueberry yang kaya pigmen ini dapat membantu memelihara mesin otak dan meningkatkan potensi sinyal neuron serta menguatkan otak. Dalam suatu studi baru-baru ini, mengonsumsi satu cangkir blueberry sehari selama dua minggu menunjukkan tingkat kelahiran sel-sel otak di hippocampus (daerah yang bertanggung jawab untuk memori). Dan penelitian lain menemukan bahwa blueberry juga dapat membalikkan penurunan terkait usia dalam fungsi motorik, keseimbangan, dan koordinasi.
blueberry, makanan otak

3. Coklat

Coklat kerap dianggap sebagai makanan penyebab kegemukan dan obesitas. Banyak tidak menyadari bahwa coklat (khususnya dark chocolate) adalah baik untuk meningkatkan kemampuan otak. Dark chocolate memiliki sifat antioksidan kuat, mengandung stimulan alami, termasuk kafein, yang meningkatkan fokus dan konsentrasi, dan merangsang produksi endorfin, yang membantu meningkatkan mood. Selain lezat, coklat juga memiliki kandungan flavanol tinggi yang memfasilitasi pasokan darah ke otak dan meningkatkan kemampuan kognitif.
coklat, baik untuk otak

2. Alpokat

Alpokat, buah favorit para balita. Alpokat memiliki kandungan asam folat yang tinggi dan dipercaya sebagai nutrisi berperan dalam membentukan otak selama masih dalam kandungan. Alpokat mengandung lemak sehat (HDL) yang berfungi meningkatkan aliran darah hingga sampai ke otak. Menurut sebuah ulasan yang dipublikasikan dalam “Nature Neuroscience Ulasan” pada bulan Juli 2008, alpokat merupakan nutrisi yang tepat dapat meningkatkan fungsi kognitif, seperti memori dan konsentrasi. Tidak diragukan lagi alpokat tambang emas nutrisi yang mempengaruhi kesehatan otak.
alpokat, baik untuk otak

1. Ikan

Ikan masih menjadi primadona sebagai sumber nutrisi yang mendukung kinerja otak. Ikan pada umumnya mengandung asam lemak omega-3. Omega-3 sangat penting dalam perkembangan otak awal pertumbuhan janin. Selain itu, lemak sehat juga bagus untuk mempertahankan fungsi otak agar tetap sehat. Ikan salmon, mackarel dan ikan tuna adalah sumber omega-3 yang melimpah. Asam lemak yang terkandung dalam ikan salmon membantu mengembangkan jaringan untuk meningkatkan kekuatan otak Anda. Selain itu, salmon juga memainkan peran penting dalam memerangi Alzheimer dan lainnya yang berkaitan dengan usia gangguan kognitif. Alzheimer adalah suatu penyakit otak yang tidak dapat disembuhkan, yang secara perlahan dan progresif akan menghancurkan memori otak. Dalam sebuah studi yang dilakukan baru-baru ini, menunjukkan scan pencitraan seseorang yang kurang mengkonsumsi ikan akan cenderung memiliki sel-sel otak mati di daerah otak yang bertanggung jawab untuk memori jangka pendek dan dalam kasus sederhana mereka akan kesulitan mengingat nomor telepon yang baru saja dilihatnya.
ikan, baik untuk otak

No comments:
Write komentar

Silahkan tinggalkan komentar dansaran anda kami akan segera membalasas komentar anda dengan senang :) :)