-->

Usability Testing Tools Yang Bisa Menjadi Referensi Kamu

      Usability testing merupakan satu tahap wajib yang harus dilakukan supaya aplikasi yang akan dibangun dapat memenuhi kebutuhan pengguna. Ada banyak sekali tools yang dapat dipakai untuk melakukan usability testing baik yang versi desktop, web maupun mobile
       Berikut ini beberapa usability testing tools yang dpat menjadi referensi kamu untuk melakukan serangkaian pengujian desain kamu sebelum di bentuk menjadi aplikasi.


Ada 4 fitur utama yang diunggulkan di Crazy Egg antara lain:
  • Fitur Heatmap dimana setiap pengunjung dapat mengklik halaman web anda.
  • Fitur Scrollmap menunjukkan berapa jauh pengunjung menggulirkan halaman web anda.
  • Fitur Overlay menunjukkan rentang waktu dan jumlah klik pada halaman web anda.
  • Fitur Cofetti memberikan laporan terperinci tentang sumber pengunjung, pencarian, dan komponen lainnya.
Setiap pengguna baru Crazy Egg akan diberikan uji coba selama 30 hari gratis, kabar baiknya lagi penawaran ini tanpa kewajiba untuk berlangganan dibulan berikutnya. Jika masa uji coba telah habis, hanya dikeakan biaya sekitar $ 9 per bulan tentu sangat terjangkau bukan.


Usability Hub memiliki 4 online tools yang memungkinkan pengujian situs atau aplikasi web menggunakan screenshots halaman produk anda seperti,  5-second testing, test klik pertama, tes navigasi, dan tes preferensi. Untuk menggunakan tools ini, anda dapat memilih paket mana yang sesuai untuk anda. ada paket Basic $ 79 perbulan, paket Pro $199 perbulan juga paket Team $396 per bulan. pastinya dengan kualifikasi yang berbeda-beda.


Testfairy dirancang untuk pengujian iOS dan Android mobile beta testing. Tools ini memberi anda video dari test yang dilakukan sehingga anda dapat melihat apa sebenarnya yang salah dari sisi pengguna produk anda. 

4. Loop11


di Loop11 ini anda dapat melakukan usability testing dalam versi desktop, tablet maupun mobile. keunggulan yang dimiliki Loop11 yaitu ada fitur rekaman audio dan video user yang sedang melakukan testing. wahh, sangat membantu sekali ya, tidak perlu repot merekam lagi. Ada juga fitur prototipe yang tidak perlu koding-kodingan dan pastinya sudah Live dan interaktif. Selain itu juga dilengkapi dengan big data, heatmap, matriks dan lain-lain. Sangat membantu sekali ya.

Anda dapat menggunakan tools ini secara gratis selama 14 hari, tetapi wajib membeli paket nya ya.
ada 3 jenis paket yang bisa jadi referensi kamu. Harganya mulai dari $69 perbulan hingga $249 per bulan. 

Bagaimana? tertarik untuk menggunakan Usability tools diatas? semoga menambah referensi kamu ya.